KONSERVASI ARSITEKTUR – BALAIKOTA BOGOR

Diposting oleh Rida's World , Senin, 09 Juli 2012 11.22


Balaikota Bogor terletak di jalan Ir. H. Juanda No.10, Kelurahan Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Luas bangunan sekitar 2.639,70 m², sedangkan luas tanah sekitar 9.060 m².


Sejarah
Gedung Balaikota Bogor berdiri pada tahun 1950 dengan nama Societeit, bentuk bangunan gaya Kolonial Belanda. Dahulu, Balaikota digunakan sebagai markas Korem Surya Kencana. Pada tahun 1975, Korem Surya Kencana pindah ke jalan Merdeka dan bangunannya sekarang digunakan sebagai pusat pemerintahan di kota Bogor. Balaikota dikelilingi bangunan yang dijaga keasliannya oleh pemerintah pusat dan disebut kompleks atau bangunan cagar budaya. Apabila bangunan mengalami kerusakan, bagian yang rusak diperbaiki tanpa merubah bantuk asli dari bangunan itu sendiri.

Langgam Bangunan
Bentuk Gedung Balaikota Bogor ini memiliki gaya Kolonial Belanda. Tetapi sekarang telah mengalami renovasi dan penggabungan gaya arsitektur Sunda dan Eropa.

Interior
Balaikota sendiri terdiri dari beberapa gedung, gedung tersebut diantaranya :
1.Gedung utama (Balaikota)
2.Masjid At-taqwa
3.Kompleks perkantoran
4.Gedung kemuning gading.
5.Gedung rapat 2


Bangunan ini diberi cat warna putih dan dibagian muka gedung memiliki pilar-pilar ramping yang indah sehingga tampak terkesan bangunan megah. Atap bangunan tidak tinggi, relatif rendah. Sedangkan pada bagian badan bangunan diberi profil geometrik pada bagian-bagian dahi jendela dan pintu. Pada bagian kaki bangunan diberi batu alam. Gedung ini dimanfaatkan sebagai Kantor Walikota Bogor. Begitu juga beberapa perkantoran Kota Bogor terdapat pada bagian belakang yang merupakan bangunan tambahan (baru dan tidak menempel pada bangunan lama), seperti Disbidpar, Dinas Pendidikan, dan sebagainya.

Tahap Pemugaran
Gedung Balaikota telah mengalami renovasi dan penggabungan gaya arsitektur Sunda dan Eropa. Sekarang gedung ini berfungsi sebagai Kantor Pemerintahan Kota Bogor dan terus dibenahi dengan membangun beberapa gedung perkantoran yang berada di bagian belakang gedung tersebut.









0 Response to "KONSERVASI ARSITEKTUR – BALAIKOTA BOGOR"

Posting Komentar